Sabtu, 20 Januari 2018

Quipper, Platform Edukasi Teknologi Literasi Digital

Written by  Admin Published in Teknologi Pendidikan Senin, 08 Mei 2017 04:54
Rate this item
(0 votes)

Jakarta - Quipper, platform untuk edukasi teknologi yang telah beroperasi di Indonesia berhasil menjangkau 5.000 sekolah di Indonesia untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar melalui pemanfaatan teknologi dan literasi digital.

Platform bebas biaya Quipper School dirancang khusus bagi guru dan siswa untuk membantu dan meningkatkan kualitas belajar mengajar. Hingga Maret 2017, Quipper School telah digunakan oleh 2,5 juta pelajar, 200.000 guru. Di tahun 2015, Quipper meluncurkan platform premiumnya yakni Quipper Video sebagai solusi belajar online bagi siswa kelas 9-12 yang telah digunakan 50.000 pelajar di Indonesia.

PR & Marketing Manager Quipper Tri Nuraini Quipper telah menjangkau 5.000 sekolah dan mengantarkan 58% penggunanya lulus Ujian Nasional (UN) 2016 dan 50% diantaranya lulus SBMPTN dan diterima di perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Di mana, Quipper juga mendapat dukungan dari 45 dinas pendidikan tingkat kota/kabupaten dan provinsi.

"Kami sangat menjaga kualitas baik itu konten, tutor maupun teknologi yang digunakan karena ketiga hal tersebut sangat dibutuhkan oleh guru dan pelajar," ujar Tri Nuraini.

Dia menambahka Quipper bergerak dalam bidang edukasi teknologi di mana tantangannya meyakinkan masyarakat, guru, siswa untuk dapat memanfaatkan teknologi yanga da dalam memudahkan kegiatan belajar mengajar.

"Quipper mendorong pemanfaatan teknologi untuk mencapai tujuan akademik mereka. Sudah ada 11 cabang yang terus melakukan sosialisasi. Edukasi menjadi tantangan, bagaimana pemanfaatan teknologi ini digunakan untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan," ujarnya.

Dia menambahkan Quipper juga memilik tim konten lokal, untuk mengembangkan konten untuk menyesuaikan standar yang ada di Indonesia.

"Ada proses produksi yang terus berjalan, kami fokus pada konten berkualitas," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan Quipper juga fokus pada teknologi karena Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan dengan terus meningkatkan teknologi.

"Quipper bisa diakses lewat berbagai gadget melalui bermacam-macam gadget, sehingga perlu terus meningkatkan teknologi yang ramah untuk digunakan," katanya.

Dia menambahkan strategi Quipper ke depan secara produk akan terus dikembangkan diantaranya try out online, di mana sudah ada 70.000 siswa dari 800 sekolah yang mengikuti.

"Tentunya Quipper juga ingin membantu meningkatkan literasi digital dan membantu melancarkan untuk UNBK," pungkasnya.

Sementara itu, Pakar Pendidikan Itje Chodijah mengatakan pengaruh teknologi dalam pembelajaran yakni anak-anak pelajar bisa menjangkau dari daerah yang jauh sekalipun.

"Teknologi jika dimanfaatkan dengan benar dan berbasis pada pembelajaran, saya yakin akan cepat memberikan pengaruh pada kualitas. Teknologi dipakai untuk kepentingan apapun, untuk pendidikan berbicara dari pembelajaran itu sendiri, untuk manusianya, konten yang tepat dan baik menjadi yang utama, bukan hanya akses teknologinya," katanya.

Sumber : http://www.bisnis.com

 

Read 157 times